Berita Polisi | Tingkatkan Kemampuan Anggotanya, Sat Sabhara Gelar Latihan SAR dan Scuba Diving

oleh

Jejak-kasus.com l Polda Jatim – Polres Bojonegoro – Untuk meningkatkan kemampuan dasar bantuan SAR dan kemampuan Scuba diving dasar, Bintara Remaja Sat Sabhara Polres Bojonegoro gelar latihan di pemandian Wana Tirta Kecamatan Dander pada hari Sabtu (21/04/2018) pagi tadi sekira pukul 07.00 WIB.

Adapun personil Sat Sabhara yang dilibatkan yaitu 10 Personil Kanit dan Kasubnit Sat Sabhara Polres Bojonegoro serta 18 Personil Bintara remaja Sat Sabhara Polres Bojonegoro.

Kasat Sabhara Polres Bojonegoro AKP Syabain Rahmad, SH kepada Awak media ini mengatakan bahwa guna mendukung kegiatan juga digunakan peralatan 4 unit alat selam, 2 unit kano dan 1 unit Kayak. Selain itu juga sebelum pelaksaan latihan terlebih dahulu apel persiapan dan arahan tentang latihan SAR dan scuba diving serta peregangan agar pada saat latihan tidak terjadi kesalahan dan cidera.

Adapun meteri yang dilatihkan dalam latihan yaitu tentang teori pengecekan alat selam, pemanasan, tatihan renang dengan katagori renang gaya bebas 25 meter, rnang gaya dada 25 meter, renang gaya punggung 25 meter, ater trappen 3 menit, tehnik selam tanpa alat, latihan menahan nafas dlm air dg waktu 10 detik, 30 detik hingga 60 detik. Selain itu juga pengenalan alat selam snorkel, mask, fins, aqua lung, BCD, regulator, octopus dan weight belt

“Dalam latitahan jugu diajarkan teknik turun kedalam air, real roll, back roll, roll kebelakang dan step -in method atau melangkahkan kaki”, ucap Kasat Sabhara.

Dalam latihan, juga dilatihkan tentang pertolongan korban tenggelam yaitu dalam kegiatan latihan teknik penyelamatan korban tenggelam adapun teknik sebagai berikut dengan cara pertolongan korban ketika di air, teknik pembawaan korban ketika di air, teknik pemasangan pelampung rompi penyelamat atau life jacket ketubuh korban serta eknik mengangkat korban kedalam perahu penyelamat

“Tujuan dilaksanakan latihan tersebut adalah untuk melatih peningkatan kemampuan personil dalam kesiapan kegiatan SAR dan tektik penyelaman dasar”, pungkas Kasat Sabhara.(Her)

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *