Dandim 0821 Terima Kunjungan Silaturrahmi FKUB Kabupaten Lumajang.

oleh

Korem 083/Bdj – Kodim 0821/Lumajang: Detikkasus.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lumajang menggelar acara kunjungan di Makodim 0821, diterima langsung oleh Dandim 0821 Letnan Kolonel Czi Agus Iskarman, S.E., di ruang loby Makodim, acara tersebut berlangsung cukup hangat penuh dengan nuansa keakraban dan persahabatan, Selasa (15/5/2108)

Dalam pernyataannya Letkol Agus mengungkapkan, bahwa apa yang dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok radikalisme di Surabaya dengan aksi bom bunuh diri di beberapa Gereja tidak mencerminkan kerukunan antar umat beragama yang baik, bahkan dengan adanya hal tersebut akan menimbulkan perpecahan dikalangan antar umat beragama yang berbeda, karena hal tersebut dapat menimbulkan penafsiran yang berlainan, ungkap Dandim.

Adanya aksi teror bom di wilayah Surabaya, Kodim 0821 langsung mengambil tindakan dengan memberlakukan status siaga satu kepada seluruh jajaran dan berkoordinasi dengan Polres Lumajang untuk melakukan upaya pengamanan dan patroli bersama di seluruh gereja yang ada di wilayah kabupaten Lumajang sebagai langkah antisipasi dan deteksi serta cegah dini untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah, jelas Letkol Agus.

Dandim 0821 juga menegaskan, bahwa teroris bukanlah Islam, karena ajaran Islam yang sebenarnya tidak membenarkan adanya tindakan kekerasan terhadap sesama umat manusia walaupun berbeda agama dan keyakinan, ajaran Islam tetap menjunjung tinggi toleransi antar sesama umat beragama yang berbeda dan mengajarkan pada sesama agar lebih kasih sayang kepada semua umat.

Letkol Agus juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Lumajang untuk tetap tenang dan tetap waspada dengan situasi yang ada, “bersama dengan seluruh jajaran Forkopimda dan juga tentunya dengan FKUB senantiasa bersinergi guna mewujudkan kedamaian dan ketenangan serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing dengan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Ditambahkan juga oleh Ketua FKUB kabupaten Lumajang Drs. Khoiri, M. Pd. I., bahwa kerukunan umat beragama di wilayah kabupaten Lumajang sejauh ini sudah terjalin dengan baik, antar sesama umat beragama hidup berdampingan dengan rukun dan bisa menjalin kerjasama dengan baik, walaupun pernah terjadi permasalahan, semuanya bisa diselesaikan dengan duduk bersama untuk menyelesaikannya, hal inilah yang bisa menjadi destinasi bagi daerah lain untuk bisa menjadikan acuan, imbuhnya.

Ia juga menyatakan, FKUB kabupaten Lumajang senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dan unsur TNI Polri yang ada di wilayah kabupaten Lumajang untuk mewujudkan kerukunan umat beragama yang semakin solid, pihaknya berharap agar selama ini juga bisa dihadirkan dalam kegiatan Forkopimda untuk saling memberikan informasi guna menciptakan penguatan sesama pemeluk agama di kabupaten Lumajang.

Pihak FKUB kabupaten Lumajang juga akan mendukung upaya yang dilakukan oleh Kodim 0821 pada program TMMD mendatang, “karena ini merupakan program yang sangat bagus guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun sarana dan prasarana yang diperlukan“, pungkasnya.

Sumber: Pendim 0821/Lumajang

Reporter: Riaman/Cong


Kirim dari Fast Notepad

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *