Dansatgas Mengajar Mengaji Baca Al-Quran di Pesantren Kilad TMMD.

oleh

Jejak-kasus.com | NGANJUK, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 101 Kodim 0810/Nganjuk, mengajarkan ngaji kepada anak-anak di lokasi kegiatan TMMD di Desa Lengkong Lor Kec. Ngeluyu, Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan mengajarkan baca Al Quran tersebut, dilakukan dengan mengandeng Mahasiswa STAIM serta memerintahkan Kopda Didik Prayudi Dari Paskhas TNI AU dan Pratu Riejal Satuan dari Yon Armed 12 Ngawi yang merupakan anggota Kodim 0810/Nganjuk kepada anak anak bertempat di Masjid Jami Badai Ussamalam Desa Lengkong Lor Kecamatan Ngeluyu

Di sela-sela kegiatan melaksanakan tugasnya sebagai Satgas TMMD, Kopda Didik Prayudi Dari Paskhas TNI AU dan Pratu Riejal Satuan dari Yon Armed 12 Ngawi juga diberi perintah untuk mengajarkan baca tulis Al Quran kepada anak-anak didaerahnya bertugas.

“Saya diperintahkan oleh Dandim/Dansatgas TMMD untuk juga mengajar anak-anak di sini mengaji,” hasil di temui Netralnews. ucapnya.

Selain menjalankan perintah atasan, mengenai motivasinya mengajarkan ngaji kepada anak-anak, Kopda Didik Prayudi Dari Paskhas TNI AU dan Pratu Riejal Satuan dari Yon Armed 12 Ngawi mengatakan, bahwa motivasinya, karena ingin membagi dan juga meneruskan pengetahuan agama kepada generasi selanjutnya sebagai bekal hidup didunia dan akhirat. Sehingga menjadi generasi yang Qurani dan selalu terjaga hidupnya dari perbuatan yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Anak-anak di Desa Lengkong Lor Antara tempatnya bertugas, memiliki kemampuan mengaji yang bagus. Banyak di antara mereka, meski masih anak-anak, sudah begitu mengenal huruf hijaiyah (huruf arab). Hal itu mungkin karena kehidupan masyarakat yang agamis sehingga mengaji merupakan sebuah pendidikan yang wajib diajarkan kepada anak-anak.

“kemampuan mengaji mereka sangat bagus, namun ada sebagian kecil yang harus disempurnakan makhrijul hurufnya dengan baik. Akan tetapi pada umumnya anak-anak ini memang luar biasa,” ungkap

Mengajarkan baca tulis Al Quran kepada anak-anak memiliki ketertarikan tersendiri baginya. Selain dapat berbagi pengetahuan juga merasakan ketenteraman hati baginya. Oleh karena itu, di sela-sela tugasnya sebagai anggota TNI AD, Kopda Didik Prayudi dan Pratu Rijeal mengisinya dengan mengajarkan mengaji kepada anak-anak.

Kopda Didik Prayudi tersebut, mengaku tidak memiliki keahlian khusus dalam mengaji. Hanya sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) kemudian dilanjutkan ke Madrasah Aliyah (MA) saat di kampung halamannya, terus memperdalam pengetahuan baca Al Quran.

Bahkan Dandim atau Dansatgas TMMD 101 Nganjuk tidak hanya memerintahkan tapi Turun langsung ikut mengajar anak anak membaca Al quran pada kegiatan Pesanten Kilad di Masjid Jami Badai Ussamalam Desa Lengkonf Lor Kecamatan Ngeluyu. Hasil pemantauan Netralnews

Karena, sebut Dandim, di dalam pelaksanaan sasaran fisik berupa pembangunan sarana dan prasarana pendukung infrastruktur masyarakat, dalam pelaksanaan TMMD juga melakukan sasaran non fisik yang bersifat mengedukasi masyarakat, seperti memberikan penyuluhan, penguatan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya narkoba juga pendidikan, ujar Dandim.

Mengenai masalah mengajarkan ngaji kepada masyarakat, juga menjadi kewajiban bagi anggota TNI dalam membina masyarakat agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain menjadi kewajiban TNI dalam membina masyarakat, juga sebagai salah satu upaya membina kemanunggalan TNI sebagai prajurit rakyat dan selalu bersama rakyat,” ucap Dandim.

Sebagaimana untuk diketahui, pelaksanaan TMMD reguler ke 101 di Kecamatan Ngeluyu, berlangsung mulai 4 April s.d 3 Mei 2018 mendatang.

(Putri/M-B) ( jejakkasusjabar.com )

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *