oleh

Sat Binmas Polres Bangka Barat dan Polsek Tempilang Melaksanakan FGD

Jejak-kasus.com I Bangka Belitung – Sat Binmas Polres Bangka Barat, Rabu (28/10/2020), melaksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD), tentang “Pencegahan dan Penanggulangan Paham Radikal dan Terorisme” dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk, menjelang Pemilukada 2020 di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Dari kegiatan FGD, akhirnya memberikan kesimpulan bahwa, peserta kegiatan FGD memperlihatkan kepedulian mereka terhadap bahaya yang ditimbulkan dari pengaruh paham radikal dan terorisme.

Pada sisi solusi dalam mencegah bahaya paham radikal dan paham terorisme, para peserta sependapat, untuk meningkatkan kepedulian yang tinggi terhadap perubahan lingkungan sekitar, dan bila mana ada yang mencurigakan, para peserta mengetahui cara terbaik ialah, dengan melapor kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini Pemerintah Desa (Pemdes), Kepolisian Sektor dan Koramil.

Akhir dari pada pandangan kolektif ini, para peserta akan berperan aktif dalam mencegah paham radikal dan terorisme,  dengan selalu mendata warga baru di wilayah tempat tinggalnya masing-masing, serta akan mengkampanyekan nilai-nilai positif di lingkungan sekitar mereka.

Yang pertama, mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pemilukada 2020, masyarakat bersama-sama dapat mencegah berkembangnya paham radikalisme dan terorisme di wilayah KecamatanTempilang.

Yang kedua, masyarakat agar melaporkan kepada pihak berwajib, apabila di wilayah tempat tinggalnya terdapat paham radikal dan terorisme, agar bersama-sama menangkal berkembangnya, paham radikal dan terorisme, guna mewujudkan Kamtibmas yang aman damai, dan sejuk menjelang Pemilukada 2020 di wilayah Kabupaten Bangka Barat. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru, guna terhindar Covid -19.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan,  kepada peserta diskusi, mampu mengetahui dan mengerti tentang paham radikal dan terorisme yang berkembang saat ini.

“Agar timbul peran serta dan kepedulian warga masyarakat Kecamatan Tempilang,  untuk meminimalisir berkembangnya paham radikalisme dan terorisme di wilayah Kecamatan Tempilang, dengan mendata warga pendatang baru untuk melapor Ke RT setempat,” ujar Kasat Binmas.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh Kasat Binmas Polres Bangka Barat Iptu Edwar, Kapolsek Tempilang Ipda R.T.A Sianturi S.H.M.H, Kades Tempilang, Anggota Sat Binmas Polres Bangka Barat, tokoh masyarakat KecamatanTempilang, para Ketua RW dan RT Kecamatan Tempilang.

Kasat Binmas Polres Bangka Barat Iptu Edwar seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah S.I.K  mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan, kepada masyarakat mampu mengetahui dan mengerti tentang paham radikal dan terorisme.(Dicky Pratama/Maulana)

News Feed