Sat Lantas Polres Blora Latih Safety Riding Driver Ojek Online

oleh

Jejak-kasus.com | Jawa Tengah, Angkutan jasa transportasi sepeda motor atau biasa disebut dengan ojek sudah menjadi kebutuhan warga untuk membantu mobilitas. Ojek online dipilih karena praktis, berbiaya murah, dan bisa lebih cepat sampai tujuan dibandingkan naik Bus/angkutan.

Namun risiko yang dihadapi pengguna sepeda motor termasuk Driver dan penumpang cukup besar. Hal ini karena jika terjadi kecelakaan, pengguna sepeda motor langsung berbenturan dengan kendaraan atau jalan. Karena itu pengetahuan safety riding sangat penting bagi para Driver ojek online.

Satuan Lalu Lintas Polres Blora dalam meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara bagi para driver Grab (ojek online), dengan melakasanakan program preemtif Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 di Kabupaten Blora, Sabtu (17/03/18).

Dalam kegiatan safety riding yang digelar bertempat di halaman belakang Polres Blora ini, puluhan driver ojek online (Grab) diharapkan lebih mengerti dan memahami akan cara bagiamana berkendara yang baik dan benar. Kegiatan ini juga untuk melatih masyrakat mewujudkan kedisplinan dan keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Sesi pertama dilakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang disampaikan langsung oleh Iptu Yoga Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Blora, terkait hal-hal yang mengakibatkan kefatalan dalam berkendaraan yang berujung pada laka lantas. Iptu Yoga juga menjelaskan pentingnya etika berlalu lintas di jalan raya.

Kemudian para peserta driver Grab dibekali tentang tata cara berkendara yang baik dan benar dengan mengutamakan keselamtan. Lalu, mereka dibekali cara persiapan sebelum berkendara, cara menghindar dan cara membonceng yang benar.

Selanjutnya para peserta dipersilahkan untuk mengendarai sepeda motor dengan lintasan yang sudah dipersiapkan anggota Sat Lantas Polres Blora. Lintasan tersebut sama seperti halnya dalam ujian praktek SIM C yakni Zig-Zag, putar angka delapan, berbalik arah leter U dan pengereman atau menghindar.

Kanit Dikyasa Iptu Yoga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat ojek online di Kabupaten Blora sudah banyak peminatnya. Jadi pembekalan pengetahuan safety riding bagi para driver Grab ini sebagai upaya pembekalan pengetahuan dari Sat Lantas Polres Blora cara berkendara yang baik dan benar dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas akibat kelalian atau pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi.

“Kecelakaan lalu lintas moyoritas di dominasi pengendara sepeda motor, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan safety riding ini sangat penting sebagai langkah edukasi, tujuannya mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” jelasnya. (Tim9).

Sumber: Humas Polres Blora.

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *