Seputar Jateng | Pembukaan Seminar dan Deklarasi FKMN Jateng-DIY Di Hotel Siliwangi Semarang.

oleh

Tonton Video Mayjen Purn Drs Christian dan Bupati Nias Sokhiatulo Laoly, MM Hadiri Seminar dan Deklarasi FKMN

https://youtu.be/rwbhlBFACV0

detikkasus.com | Provinsi Jawa Tengah -Semarang, Pada hari Jumat 11,Mei 2018 bertempat di Hotel Siliwangi, pembukaan Seminar dan Deklarasi FKMN dibuka langsung oleh Bupati Nias. Pemukulan Gong Oleh Bupati Nias Sokhiatulo Laoly, MM Dalam Rangka Pembukaan Seminar dan Deklarasi FKMN (Forum Komunitas Masyarakat Nias) Jateng-DIY itu dilakukan Sebanyak 5 kali, membuktikan bahwa Nias telah mempunyai 5 Pemkab/Kota. Dan dilanjutkan 1 kali Pemukulan Gong oleh Bapak Mayjen Purn TNI Christian Zebua, sebagai bukti Kepulauan Nias sudah layak menjadi satu Provinsi.

Dalam Seminar itu, yang menjadi Moderator adalah Sabarudin Hulu (Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah) dan Ketua Panitia P. Waruwu.

Agenda tersebut dinamai dengan MAHAKARYA ONO NIHA II dan FKMN
(Forum Komunitas Masyarakat Nias) telah mengambil peran dalam memperkenalkan Budaya Nias di seantero Nusantara, menunjukkan bahwa Nias mempunyai berbagai Budaya yang harus tetap dilestarikan. Serta mendukung penuh pemekaran Nias menjadi Provinsi Kepulauan Nias. Kata Ketua FKMN Jateng -DIY Etika Halawa, SE.

Seminar dan Deklarasi ini dikemas dengan Tema :

“Peranan FKMN Dalam Membangun, Mengembangkan Budaya Serta SDM Dalam Semangat Persatuan Mendukung Terwujudnya Provinsi Kepulauan Nias.”
Kata Halawa, sapaan akrab Ketua FKMN Jateng-DIY.

Adapun yang tampak hadir diantaranya Mayjen Purn. Drs. Christian Zebua, Bupati Nias Sokhiatulo Laoly, Ketua Umum FKMN Etika Halawa, SE., Kepala Perwakilan Ombudsman-RI Sabarudin Hulu, SH., Dandim Semarang Kolonel Inf. M. Taufiq Zega, Ketua DPD HIMNI Prov. Jatim, serta tokoh-tokoh masyarakat Nias yang ada di Jawa Tengah dan para Mahasiswa/i yang menuntut ilmu..

Mayjen Purn Drs. Christian Zebua sebagai Narasumber menyampaikan materi dalam seminar tersebut, bahwa Nias wajib jadi Provinsi. Dan kita harus bergandengan tangan dalam memperjuangkan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias.

“Syarat pemekaran Nias menjadi Provinsi telah terpenuhi, tinggal bagaimana kita sebagai masyarakat Nias bisa buktikan kepada pemerintah Pusat bahwa kita semua elemen masyarakat Nias mendukung penuh perjuangan menjadi Provinsi Kepulauan Nias.” jelas Zebua sapaan akrabnya.

Begitu juga dengan Bupati Nias Sokhiatulo Laoly memaparkan materi tentang perjuangan memekarkan Kabupaten Nias yang sekarang telah memjadi empat Kabupaten dan satu Kotamadya, yaitu Kabupaten Nias Induk, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kotamadya Gunungsitoli. Urai Bupati Nias.
“Dalam memperjuangkan Nias menjadi Provinsi Kepulauan Nias, dari tahun 2011 sampai 2016 Ibukota Nias masih cuma satu,yaitu Gunungsitoli. Baru pada tahun 2016 melalui Kepres No.30 Tahun 2016 barulah ada Ibukota Nias induk ada yaitu GIDO.” jelasnya.

Lagi : Tonton Juga : Pemukulan Gong Oleh Bupati Nias Sokhiatulo Laoly, MM Dalam Rangka Pembukaan Seminar dan Deklarasi FKMN
https://youtu.be/DXR8SLUo1ug

Diakhir acara itu dlaksanakan sesi foto bersama dan diteruskan dengan Tari Maena sebagai budaya Nias yang dilaksanakan setiap ada acara atau pesta. Kita seluruh warga Nias harus bangkit dimanapun berada, mari bersama-sama mengambil peran dan mendukung perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Nias.

Aoha Noro Nilului Wahea, Aoha Noro Nilului Waoso. Alisi Tafadaya-daya Hulu Tafawolo-wolo.
Itulah filsofi orang Nias dalam melaksanakan apapun dengan Kebersamaan.

Ya,ahowu…
Ono Niha Tola…
(Jul)

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *