Sosialisasi Posbindu Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

oleh

Jejak-kasus.com | Sintang-Kelam permai Puskesmas Kelam permai Mengadakan sosialisasi Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM ) Bertempat di Balai Goak Kantor Camat Kelam Permai, rabu (16/5/2018)

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dari tanggal 16 – 17, dengan kegiatan hari pertama yaitu, Pembukaan oleh Camat Kelam permai, Drs.Maryadi MSi. Memberi beberapa materi kepada peserta dan tamu undangan. dan dihari kedua dilaksanakan pembekalan kepada Kader Posbindu.

Kegiatan tersebut telah di hadiri

Camat Kelam permai, Drs. Maryadi MSi beserta Unsur Pimpinan Kecamatan Kelam permai,  Kapolsek dan Danramil.

Staf Dinas Kesehatan Provinsi kalbar Pak Ns.Apri Setyawan, S.Kep dan ibu Marlina, S.Gz.

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyalit Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Dr, Sandur.

Kepala Puskesmas Kebong dan seluruh jajarannya, serta Tokoh masyarakat yang ada di Desa Kebong, dan 6 org Kepala Desa, yaitu Kades Kebong, Kades Kelam sejahtera, Kades Merpak, Kades Sungai  labi, Kades Sungai  pukat dan Kades Landau Kodam.

Dalam kesempatan ini Kepala Puskesmas Kebong, Makarina Imaculata, S,ST menyampaikan laporanya, bahwa dari 13 Desa dibawah binaan PKM kebong sudah ada 6 desa yg membentuk Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu).

Tujuan dilakukan sosialisasi adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM. Dengan sasaran adalah untuk kelompok masyarakat sehat beresiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun keatas, ujarnya.

Makarina Imaculata menambahkan, Faktor resiko PTM meliputi merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, pola makan tdk sehat, kurang aktivitaa fisik, obesitas, stress, hipertensi hiperglikemi, hiperkolesterol dan penyakit PTM lainnya, imbuhnya

Pada saat pembukaan kegiatan, Camat Kelam permai, Maryadi menyampaikan terima kasih kepada semua kader, dan memberi apresiasi kepada Narasumber dari Dinkes Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Sintang dan PKM kebong yang telah menginisiasi kegiatan  sosialisasi posbindu deteksi dini PTM.

Lebih lanjut Maryadi Menjelaskan, bahwa Camat beserta jajarannya dan Pemerintahan Desa sangat mendukung kegiatan ini karena termasuk dalam bidang pelayanan sosial dasar masyarakat dibidang kesehatan dan tentunya kami akan melihatnya dari sisi aturan yg berlaku khususnya Permendes No. 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Sampai saat ini sudah ada 6 desa yg membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular yakni Desa Kebong, Desa Merpak, Desa Kelam Sejahtera, Desa Sei. Pukat, Desa Sungai Labi dan Desa Landau Kodam, Jelasnya.  (Alex)

Tentang Penulis: Admin Jejak Kasus

Gambar Gravatar
http://Jejak-kasus.com | Fakta & Akuntabel - Telp/ Wa Pengaduan: 082243319999.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *