SURABAYA | JEJAK KASUS – Satpol PP dan Satlinmas Wajib Lakukan Pendekatan Persuasif dalam Menegakkan Perda.

0
42

 

Jejak-kasus.com | Surabaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan kepada anggota Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) yang ada di Jawa Timur agar dalam menegakkan perda tetap berpedoman pada aturan yang ada. Selain itu Satpol PP dan Satlinmas (Satuan Pelindung Masyarakat) harus mengutamakan pendekatan persuasif karena tugas Satpol PP dan Satlinmas adalah menjaga dan melindungi masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Soekarwo dalam Apel Siaga memperingati HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 Jawa Timur, di Halaman Kantor Bupati Gresik, Senin, (19/3).

Apel ini diikuti oleh 250 orang undangan dan sekitar 1800 orang pasukan yang tersusun dalam 52 pleton. Nampak terlihat unsur TNI, Polri juga ikut berpartisipasi dalam apel siaga kali ini.

Inspektur upacara, Pakde Karwo (sapaan akrab) menekankan kepada para Satpol PP agar menjaga dan melindungi masyarakat  Satpol4 PP dan Satlinmas harus tetap berpedoman pada aturan yang ada dalam menjalankan tugas.

Pedoman yang dimaksud,  Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada  Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

“Oleh sebab itu saya meminta kepada gubernur agar mengkoordinasikan Bupati, Walikota di daerah masing masing untuk mengambil langkah- langkah antisipasi,” ujar Gubernur menegaskan sambutan Mendagri.

Pakde Karwo juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dan dedikasi tinggi personil Satpol PP dan Satlinmas. “Inilah semangat korps yang harus terus menerus kita tumbuh kembangkan bersama,” ujarnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menghimbau kepada jajaran Satpol PP dan Satlinmas untuk melakukan persiapan yang matang menjelang penyelengaaraan pilkades maupun pilgub dalam waktu dekat ini,  senantiasa menjaga ketertiban, ketentraman dan keamanan selama pemilu.

“Penyelenggaraan pilkades dan  pilgub di wilayah Sidoarjo semoga berjalan dengan lancar, saya himbau kepada Satpol PP dan Satlinmas mari bersama kita ciptakan situasi yang kondusif, gunakan pendekatan persuasif selama menjalan tugas, sesuai dengan amanah yang disampaikan oleh Pak Gubernur tadi”, terang Saiful Ilah sesaat setelah mengikuti apel siaga HUT Pol PP bersama dengan Gunernur Jatim Soekarwo.

Diwaktu yang sama Satpol PP Sidoarjo menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Soekarwo sebagai peserta parade defile terbaik juara ke tiga tingkat Propinsi Jawa Timur, penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim Pakde Karwo kepada anggota Pol PP Sidoarjo. (Rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here